Monday 12 September 2011

MEDITASI YG BENAR



Meditasi yg benar adalah meditasi yg mengikuti petunjuk Sammasambuddha yaitu jalan tengah atau jalan berunsur delapan. Jalan tengah adalah satu jalan yg tidak berat sebelah kiri dan juga tidak berat sebelah kanan, bila jalan tengah ini dijabarkan dalam bahasa latihan maka boleh dikatakan jalan tengah adalah keseimbangan yaitu keseimbangan jasmani dan keseimbangan batin dan juga keseimbangan antara jasmani dan batin.

Apakah keseimbangan jasmani dan keseimbangan batin itu ?
Keseimbangan jasmani adalah bila empat unsur (angin, api, tanah dan air) dalam kondisi yang harmonis yaitu jasmani kita dalam keadaan rileks dan tidak tegang.

Keseimbangan batin adalah bila batin kita dalam kondisi harmonis yaitu batin kita dalam keadaan yang tenang dan tentram.

Keseimbangan jasmani dan batin adalah jasmani dalam keadaan rileks dan batin dalam keadaan tenang.

Oleh sebab itu keseimbangan jasmani dan keseimbangan batin amat sangat diperlukan. Apapun jenis latihan anda apakah Samatha Bhavana atau Vipassana Bhavana. Apapun objek latihan anda apakah Anapanasati atau naik turun nya perut anda perlu menyelaraskan latihan anda hingga mencapai keseimbangan baik jasmani maupun batin.

Lalu bagaimana caranya agar dapat menyelaraskan latihan kita hingga mencapai keseimbangan jasmani dan keseimbangan batin ?

Agar dapat menyelaraskan latihan anda hingga mencapai keseimbangan jasmani dan batin maka anda perlu mengawali latihan anda dengan rileks dan Metta Bhavana.

Relaksasi dapat mengendurkan otot-otot jasmani anda yg tegang sehingga jasmani anda akan menjadi semakin sejuk dan nyaman. Sedangkan Metta Bhavana dapat melembutkan batin Anda yang kaku sehingga batin anda akan menjadi lebih damai dan bahagia serta tenang dan tentram.

Anda bisa lakukan relaxasi mulai dari ubun-ubun turun secara bertahap hingga ujung kaki , boleh dilakukan secara berulang kali hingga 5-10 menit. Kemudian anda bisa lakukan Metta Bhavana mulai dari diri sendiri (dgn berucap dalam batin " semoga saya berbahagia" ) lalu (dengan berucap dalam batin "semoga semua makluk berbahagia") secara bertahap meluas mulai dari tempat anda bermeditasi hingga seluruh semesta alam. Boleh dilakukan secara berulang kali hingga 5-10 menit.

Setelah anda merasakan rileks dan tenang barulah Anda mulai mengamati objek utama, apakah Anapanasati atau naik turunnya perut dan sebagainya.

Dengan latihan yang tekun dan teratur, meditasi Anda akan maju secara bertahap lalu Anda akan semakin terampil mengkondisi jasmani dan batin Anda dalam keseimbangan kemudian jasmani dan batin Anda akan menjadi lebih rileks dan tenang lalu latihan Anda akan semakin maju sehingga tercapailah kondisi batin yang sehat yaitu batin yang damai dan bahagia serta tenang dan tentram. Selamat berlatih semoga berhasil~ sadhu sadhu sadhu

--------------------------------------------------------------------------------------------
Melalui kesempatan ini Yayasan Vipassana Indonesia akan menyediakan lahan subur tersebut dan memberi peluang kepada setiap orang agar memiliki kesempatan melakukan kebajikan menanam jasa ini.
Yayasan Vipassana Indonesia membutuhkan sebidang tanah seluas 1 hektar di pinggiran kota Medan.
Bila anda berminat melakukan kebajikan menanam jasa ini, silahkan hubungi kami atau mentransferkan dana anda ke rekening Yayasan Vipassana Indonesia.

BCA KCP Asia Mega Mas. Jl. Asia Raya. Kompleks Ruko Asia Mega Mas Blok BB No. 11 Medan - 20216, Indonesia. A/C : 830-518-6186 Swift Code : CENAIJA

Bank Artha Graha Jl. Dr. Sutomo No. 27 KLM Medan- 20232, Indonesia A/C: 070-123-3336 Swift Code: ARTGIDJA


Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi :
Jacky Koeswandy
Hp. : 0811617618
Anna Torsina
Hp. 0811612402


PROFILE YAYASAN VIPASSANA INDONESIA

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More