Thursday 20 October 2011

Vihara Dharma Aura



SEJARAH SINGKAT VIHARA DHARMA AURA

Bermula dari seorang tokoh Agama Buddha yang cukup dikenal di Sumut, khususnya di Medan yaitu Alm. Romo Pandita Dharma Loka (Ang Bok Luan). Beliau memulai pengabdiannya sejak tahun 1975.

Pada awalnya, Beliau bersama Bhante Jinnadhammo Maha Thera mengunjungi daerah-daerah seperti Deli Tua, Pantai Cermin, Pancur Batu, Sibolga, Padang Sidempuan, Rantau Prapat, Bagan Siapi-api, Selapian, Tanjung Ledong untuk “memperkenalkan” dan mengembangkan Ajaran Buddha. Tak lama kemudian beliau menggabungkan diri dengan MBI TK-I yang pada saat itu berkedudukan di Vihara Borobudur. Beliau memimpin seksi Keviharaan.

Sebagai seorang pandita Lokapalasraya, Beliau mengatur jadwal kunjungannya ke daerah-daerah untuk memberikan khotbah dan mengajarkan pembacaan Sutra.

Kemudian sekitar Tahun 1996-2006 Beliau berkonsentrasi di Cetiya Khanti Paramitha di Sunggal (cetiya ini adalah rumah sederhana yang dipinjamkan umat) untuk melatih Liam Keng untuk kegiatan sehari-hari dan di upacara Avamangala. Semakin hari umat yang semakin banyak sehingga kapasitas cetiya tidak cukup lagi. Sejak itulah Beliau dan murid-muridnya bercita-cita mendirikan sebuah vihara di Sunggal yang sekarang di kenal dengan Vihara Dharma Aura.

Usaha inipun dimulai dengan mempersiapkan sebidang tanah dengan luas 440 m2. Tak lama Beliau jatuh sakit dan wafat pada 17 Februari 2009. Atas jasanya terhadap perkembangan Agama Buddha , pemerintah melalui Direktorat Jendral Hindu Buddha pada Juni 2005 telah memberikan penghargaan kepada Beliau. Tanggal 20 Agustus 2005 , MBI memberikan penghargaan kepada Beliau atas kesetiaan dan pengabdian yang diberikan selama lebih dari 20 tahun.

Atas dasar cita-cita mulia tersebut kini Vihara Dharma Aura lantai I telah berdiri dan dalam rencana pembangunan lantai II. Banyak kegiatan positif telah dilakukan di vihara ini antara lain :

  1. Pembacaan Sutra setiap hari Uposatha dan hari-hari besar Buddhis
  2. Kebaktian Pali setiap Minggu nya
  3. Sharing Dhamma setiap minggu
  4. Sekolah Minggu Buddhis setiap hari Minggu
  5. Perayaan-perayaan Buddhis seperti Waisak, Asalha dan Sangha Dana Kathina
  6. Pindacara atau Pindapatta Masa Vassa
  7. Bakti Sosial oleh Muda-mudi
  8. Fangsen dan lain-lain

Untuk kegiatan Sekolah Minggu Buddhis di Vihara Dharma Aura adalah Sekolah Minggu Buddhis resmi dengan izin dari Depag dengan nama Sekolah Minggu Buddhis Kalyana Mitta. Jumlah siswa juga terus bertambah kian hari.

INFO KATHINA DANA 2555 TB

Ketua Panitia Kathina 2011 : Hela, ST.

2 comments:

Saya sangat berterima kasih kpd alm suheng Bok Luan atas jasanya terhadap penyebaran agama Buddha khususnya di Sunggal dan di Sumut.

Namo Budhaya.. Boleh bagi info utk sklh minggu anak2, dimulai dr jam brp ya? Xie xie

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More