Wednesday 12 October 2011

Grand Launching Buku "Kebijaksanaan Kuno untuk Masyarakat Modern"


Medan, (Analisa). Indonesia Vidya Carita (IVC) merupakan suatu tim yang terbentuk dari sebuah ide untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan buku-buku Dhamma dan buku pengetahuan sehingga dapat mempermudah bagi umat Buddha yang ingin melakukan pelimpahan jasa (kebajikan).
Saat ini IVC telah menerbitkan beberapa buku antara lain Nasihat untuk Rahula, Kisah-kisah Jataka tentang Pahala, Agganna Sutta dan Wanita-wanita Agung Murid Sang Buddha. Kali ini, IVC akan meluncurkan buku "Kebijaksanaan Kuno untuk Masyarakat Modern" & Talk Show yang akan diselenggarakan, Minggu (23/10) di Medan.

Ketua Panitia, Bety, S.H. menyampaikan, "Pada acara peluncuran perdana ini, panitia mengundang Pembimas Agama Buddha, Sangha dari Tradisi Theravada, Mahayana dan Tantrayana, tokoh agama Buddha, Romo/Ramani Pandita, Dosen/Guru Agama Buddha dan para umat Buddha yang berbahagia untuk bersama-sama mengikuti acara ini . Semoga acara ini dapat mempererat tali persahabatan sesama umat dari berbagai tradisi dan bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari".

Acara kesenian

Panitia pelaksana kegiatan akan mengadakan serangkaian acara kesenian oleh Persaudaraan muda-mudi Vihara Dharma Wijaya, Dragon Sister & Jaya Manggala Group dan membuka stan buku dan aksesoris Buddhis. Sebagai puncak acara akan diadakan acara Talk Show bersama Phurbu Tashi Rinpoche (dari Amerika) dan Y.M. Bhikkhu Khemanando (Ketua Indonesia Theravada Buddhist Centre) dengan moderator Handaka Vijjananda (Ehipassiko Foundation, Jakarta), katanya.

Lama Phurbu Tashi Rinpoche dilahirkan di Tibet pada tahun 1973, Beliau dikenal sebagai seorang "tulku" atau Lama inkarnasi dari Wihara Bo Gangkar. Lama menerima pendidikan monastik awal di Wihara Gangkar dan Beliau kemudian melanjutkannya di sekolah Wihara Palpung selama dua tahun. Biksu yang menjalankan praktik meditasi ini belajar dari beberapa guru di India, Sikkim dan Nepal.

Lama pada akhirnya menerima pendidikan di Institut Nalanda di India dan mendapat kesuksesan yang gemilang sebagai seorang pelajar Buddhis. Dengan pengabdian yang telah diperbaharui, Lama menjalankan retret tradisional selama tiga tahun, tiga bulan dan tiga hari di bawah bimbingan Y.A. Bokar Rinpoche.

Setelah menyelesaikan retretnya, Beliau menjadi guru retret selama tiga tahun. Beliau menulis sebuah buku mengenai vegetarianisme, yang direkomendasikan oleh Y.A. Dalai Lama dan Y.A. Karmapa Orgyen Trinle Dorje dengan menegaskan pentingnya pesan yang disampaikan oleh penulis. Lama kemudian hijrah ke Amerika Serikat dan kini menetap serta mengajar di Annapolis, Maryland.

Untuk memperoleh undangan dan informasi lebih lanjut mengenai acara peluncuran tersebut ataupun mengenai kiprah IVC, Anda dapat langsung mendatangi sekretariat IVC di Komplek Multatuli Indah Blok C no.18, Medan.(Bety SH 0811652026). (rel/ir)
sumber : analisadaily.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More