Monday 31 October 2011

Perayaan Kathina Nasional di Medan Dihadiri Tiga Ribu Umat

Perayaan Kathina Nasional di Medan Dihadiri Tiga Ribu Umat

(Analisa/istimewa) Suasana perayaan Kathina Nasional yang dihadiri lebih dari tiga ribu diselenggarakan oleh Majelis Buddhayana Indonesia pada Minggu, (30/10) di Medan.
Medan, (Analisa). Lebih dari tiga ribu umat dari berbagai daerah hadir dalam Perayaan Kathina yang diselenggarakan oleh Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) pada Minggu, (30/10).
Ketua Umum Pengurus Pusat MBI UP.Sudhamek AWS SE,SH yang menyatakan bersuka cita atas pelaksanaan Kathina di Kota Medan serta diharapkan perayaan ini dapat dimaknai sebagai ladang kebajikan dan sarana pemersatu dengan mengembangkan rasa kekeluargaan yang penuh cinta kasih, sehingga terbina keharmonisan dalam kehidupan sosial masyarakat serta menjadi dasar ketahanan bangsa dan negara.
Publish Post


Ketua Panitia Upa. Riady Armin Hutama, ST menjelaskan bahwa MBI Sumut mendapat amanat Ketua Umum Sagin pada Musyawarah Kerja Nasional yang berlangsung pada 23 - 24 April lalu sebagai tuan rumah sekaligus Panitia Penyelenggara Perayaan Kathina dalam skala Nasional untuk kali pertama dilaksanakan di Kota Medan.

"Kami berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak yang menyukseskan kegiatan ini serta sambutan yang luar biasa dari umat Buddha. Kami meyakini membludaknya umat yang hadir tentunya ada yang tidak terlayani dengan baik untuk itu panitia berharap umat dapat memakluminya, " katanya.

Turut memberikan sambutan Pembimas Buddha Kanwil Depag Sumut, Ketut Supardi SAg, MSi.

Kehadiran sekitar 33 bhikkhu dari Sangha Agung Indonesia (Sagin) dalam satu seremonial Kathina adalah merupakan momen yang dinanti-nantikan sehingga umat Buddha yang hadir membludak. Di mana acara ini dihadiri oleh Mahathera Nyanasuryanadi (Ketua Umum Sagin), Mahasthavira Nyanamaitri (Maha Adhikari Sagin), Mahathera Aryakusalo (Nayaka Sangha Theravada Sagin) dan Mahathera Nyanakaruno (Ketua Wilayah I Sagin) serta bhikkhu lainnya.

Ketua MBI Sumut, Upa. Ir. Ony Hindra Kusuma menjelaskan bahwa Perayaan Kathina kali ini merupakan momen kebersamaan dalam melakukan kebajikan di ladang subur.

Beberapa Pengurus Pusat MBI berkesempatan menghadiri kegiatan ini mendampingi Ketua Umum Pengurus Pusat MBI UP.Sudhamek AWS SE,SH yakni MU. Phoa Krisna Putra dan UP.Tony Sasana Surya Dewan Pengawas PP MBI, Wakil Ketum UP.Amin Utario ST, Sekjen UP.Ir . Budiman MSIE dan Wasekjen Dady Pasamsa SAg beserta Pimpinan MBI dari berbagai daerah se Indonesia.

Persembahan Dana

Acara puncak berupa persembahan dana Kathina berupa 4 kebutuhan pokok kepada Sangha yang diawali oleh pimpinan pusat dan daerah, para sesepuh, pandita, badan otonom, Pembimas Buddha, anggota legislatif beserta tokoh masyarakat lainnya antara lain Ketua Walubi Medan Ir. Sutopo, Wakil Ketua Komisi A DPRDSU Sonny Firdaus SH, anggota DPRD Sumut Brillian Mokhtar, Anggota DPRD Lily Tan, Ketua Komisi E , Anggota DPRD Medan Hasyim, SE, Ketua Badan Kehormatan DPRD Kota Medan Janlie, SE dan Ketua REI Sumut Tomi Wistan.

Dilanjutkan dengan persembahan oleh seluruh umat yang hadir sebagai momen bakti kepada Sangha yang merupakan persaudaraan suci bhikkhu / bhikkhuni. Bagi umat Buddha, sangha merupakan lapangan untuk menanam jasa yang tiada taranya di alam semesta ini. pewaris dan pengamal Buddha Dharma yang patut dihormati. Setelah persembahan dilakukan oleh umat, bikkhu sangha memberikan gelang yang telah diberkahi kepada setiap umat Buddha.

Acara ditutup dengan pelimpahan jasa serta pemercikan air suci sebagai pelambang berkah dari anggota Sangha kepada umat yang hadir. Serta di akhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh anggota sangha dengan harapan hasil kebajikan bersama tersebut dapat membuahkan kamma bajik serta melimpahkan kebahagiaan serta keselamatan bagi semua mahkluk. (rrs/rel)

sumber : http://www.analisadaily.com/news/read/2011/11/01/19720/perayaan_kathina_nasional_di_medan_dihadiri_tiga_ribu_umat/#.Tq9XlXKE1mR

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More