Tuesday 21 February 2012

BIOGRAFI GADEN TRITUL RINPOCHE XIII



Gaden Tritul Rinpoche XIII
Reinkarnasi Pemimpin Resmi Tradisi Gelugpa ke-32, Tinley Kunkyab Rinpoche dari Biara Sera Jhe, dilahirkan di Nangchen, Kham, Tibet. Rinpoche dilahirkan dalam sebuah keluarga yang secara tradisional memiliki keterikatan dengan kepercayaan lokal masyarakat Tibet, yaitu Bon. Akan tetapi keluarga ini kemudian beralih menjadi keluarga Buddhis. Keluarga Beliau ini telah menghasilkan banyak sekali guru-guru berpencapaian tingkat tinggi dari segala tradisi termasuk Yang Mulia Khenpo Baima Langji.

Ditengah-tengah banyak pertanda baik yang terjadi, Tritul RInpoche lahir pada tanggal 1 Maret di Tahun Naga Air 1952. Ayah Rinpoche adalah Xi Rao Ta Xin dan ibu Rinpoche adalah Zi Sang Bo Mu.

Kelahiran Rinpoche sesuai dengan ramalah dari Maha Guru Si De Bai Ma Wang Xiu Ji Bu dan juga Maha Guru Jiang Yang Zi Que Ji Yu Zui. Ramalah keduanya cocok karena berdasarkan kesepakatan bersama, Rinpoche adalah inkarnasi asli ke-13 dari Pemimpin Tradisi Gelugpa sebelumnya. Berdasarkan ramalan tersebut, "Raja Pelindung Semua Makhluk akan datang di tahun Naga Air." Setelah penyelidikan lebih lanjut, Rinpoche pun dianugerahi pengakuan resmi sebagai inkarnasi asli dari maha guru sebelumnya.

Di usia 4 tahun, pada hari suci kelahiran Buddha, Tritul Rinpoche menerima pelantikan sebagai pemangku 'Takhta Singa Kesatria' dalam sebuah upacara megah di Biara Gaden Tu Deng Er Lai. Dengan sisa pembelajaran Dharma yang sempurna dari kehidupan lampau, Rinpoche berbeda dengan anak-anak seusianya. Ketika Tritul Rinpoche menginjak usia remaja, Khenpo Ju Mei Zha Ba diangkat menjadi guru Sutra untuk Beliau. Tritul Rinpoche memiliki pengabdian dan penghormatan yang sangat tinggi kepada guru Beliau. Beliau pun senantiasa mengingat ajaran yang telah Beliau pelajari di kehidupan lampau.

Tritul Rinpoche memulai pelajaran dengan belajar membaca dan menulis. Beliau melanjutkan dengan menguasai semua pelajaran modern hingga ajaran Yamantaka Vajrabhairava Tantra dan juga ajaran Tantra Empat Raja Pelindung. Sejak muda Rinpoche telah menerima banyak ajaran dari guru Beliau, berbagai transmisi lisan dan inisiasi termasuk semua aspek ajaran yang berhubungan dengan penciptaan dan penyempurnaan tingkat kesucian, "Nyanyian Pembebasan", ajaran yang lengkap dan transmisi dari seluruh naskah agung.

Selain itu, Tritul Rinpoche mempelajari dan menerima banyak inisiasi dan transmisi dari berbagai maha guru:

  • Ikrar samanera dan ke-biksu-an melalui Lama Jiang Bai Ci Nai Jia Cuo dari Biara Drepung.
  • Pusaka Kebijaksanaan Manjushri dan Inisiasi Praktik Permisi melalui maha guru Mongolia Geshe Luo Song Seng Ge dari Biara Sera.
  • Inisiasi Yamantaka Merah, Tiga Makhluk Agung Murka Rupa, Praktik Umur Panjang dari Tulku Chang Du Jia Lang.
  • Inisiasi 'Bao Sheng Bai Gen' dari A Duo Ge De Cheng Xiao Za Bu.
  • Inisiasi Dua Puluh Satu Amanat Palden Lhamo, "Sinar Menteri Kebijaksanaan"; dan juga kitab komentar dari "Fuo Chuan Ba Sang Ci Xin" melalui Denma Locho Rinpoche dari Biara Drepung Loseling.
  • Transmisi dan ajaran lengkap Vajradhara Tu Mi dan Mahamudra dari maha yogi Si De Bai Ma Deng Yue.
  • Pusaka Baru, Heruka Chakrasamvara, Yamantaka, Lam Rim Chenmo melalui Khenpo Qi Mei Rao Teng dari Biara Bai Deng Zha Xi Shu Mang Neng Zhu Ling.
  • "Pusaka Langit", Phowa, "Jaring Teratai" yang merupakan praktik menuju tercapainya kelahiran kembali di Tanah suci Buddha AMitabha dan berbagai praktik penting lainnya dari Khenpo Jia Ma La Que.
  • Praktik Hati Lam Dre yang ditransmisikan tanpa putus dari keluarga Sakya Khon hingga pemimpin Tradisi Sakya sekarang, Da Qian Za Bu.

Disamping itu, Tritul Rinpoche selama bertahun-tahun telah belajar dan lulus dengan predikat kehormatan dari Sekolah Tinggi Buddhis Beijing yang didirikan oleh almarhum Panchen Lama. Saat sedang mengeyam pendidikan kuliah, Rinpoche telah mempelajari dan menerima ajaran dan pemberkahan dari berbagai Rinpoche, Geshe dan profesor Buddhis kenamaan, seperti Sia Dong Luo Suong Xi Zhu Jia Cuo, Se Chang Luo Song Bai Deng, Ci Ri Ci Lang, Dong Ge Luo Song Ci Nai, Qie Xue Luo SOng Ri Jia Cuo, Gan Min Klang CHang, Xiang Bai Au Wang, dan juga Khenpo yang telah mencapai realisasi Dzogchen, yaitu Si Lang Jia Cuo.

Di Bodhigaya, India, Tritul Rinpoche menerima 'Pelita Kebebasan Atisha', inisiasi Kalachakra dan sebagainya dari Raja Pelindung Semua Makhluk Yang Tiada Taranya, Sang Penerima Hadiah Nobel Perdamaian, Yang Ariya Dalai Lama ke-14.

Kabar gembira bahwa Yayasan Gaden Buddha Vajrayana bekerja sama dengan Indonesia Vidya Carita akan mengadakan event Gala Dinner Malam Amal "Apresiasi Kepad Guru" Bersama Y.M. Gaden Rinpoche XIII pada hari Kamis, 1 Maret 2012 mendatang.
Tepat pukul 18.00 WIB s/d selesai di Grand Aston Mahogany Grand Ballroom Lt.1, Jl. Balai Kota No. 1 Medan.

Untuk mendapatkan undangan dapat hubungi : Paula 0811643600, Bety 0811652026
Elina 08163170885 , Willian 061-77820175, Herman 085261053699


Event Grand Puja Arya 16 Arhats & The Peacock Wisdom Queen Mahamayuri Initiation.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More