Monday 13 February 2012

Malam Kesenian Imlek Mahakaruna Buddhist Center: Sambut Tahun Naga Penuh dengan Harapan


Medan, (Analisa). Pendiri Asosiasi Buddhist Center yang juga Pimpinan Mahakaruna Buddhist Center (MKBC), YM Bhiksu Prajnavira Chaokun Hui Siong mengajak umat Buddha untuk menyambut Tahun Baru Naga penuh dengan harapan.
"Saya berharap agar umat Buddha dalam perayaan hari besar etnis Tionghoa, memiliki keyakinan yang kuat, berbuat amal dengan tanpa pamrih serta memiliki prajna kebijaksanaan yang penuh dengan cinta kasih," tutur Suhu Hui Siong

"Kalau kita merenung kembali, pada tahun 2011 manusia hidup di bumi dengan penuh tantangan mara bahaya, global warming yang mengakibatkan bencana yang datang bertubi-tubi. Keyakinan yang masih tergoda oleh nafsu keinginan hanya berharap mendapatkan rejeki dari luar. Kalau dari hati kita yang murni mau memberi, pemberian inilah yang penuh dengan makna cinta kasih dan dilandasi keyakinan yang kuat," jelasnya.

Demikian Pesan Dharma Imlek yang disampaikan Suhu Hui Siong pada acara Malam Kesenian Perayaan Imlek 2556 BE di Auditorium MKBC, Cemara Abadi, Jumat (10/2).

Acara tersebut turut dihadiri Pembimas Buddha Kanwil kementerian Agama Sumut Ketut Supardi SAg Msi, Anggota DPRD Medan Hasyim, Bhiksu dan Bhante pimpinan vihara se-Sumut dan 3000 masyarakat umum dan Umat Buddha.

Tradisi Budaya

Pembimas Buddha, Ketut Supardi dalam sambutannya mengatakan, Imlek adalah tradisi budaya masyarakat Tionghua. Banyak umat Buddha melakukan wujud rasa syukur dengan berduyun-duyun ke Vihara untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Ia mengatakan, MKBC yang telah rampung pembangunan fisiknya, dapat difungsikan semaksimal untuk kepentingan masyarakat luas memahami Buddha Dharma.

Ia juga berpesan agar pengelola vihara, Bhiksu dan Bhiksuni dapat memanfaatkan vihara ini dengan program pengembangan seni budaya yang juga bagian dari pengembangan Agama Buddha.

Sementara itu, Suhu Hui Siong dalam sambutannya mengatakan, MKBC yang didirikan sejak tahun 2005 telah melakukan pembinaan terhadap generasi muda termasuk acara malam ini lebih banyak diisi generasi muda vihara.

Kedepan, MKBC akan berkembang menjadi Akademi Pendidikan Kebhiksuan dimana yang sekarang berada di Semarang akan dipindahkan ke MKBC.

Selain itu, Kompleks MKBC juga memiliki beberapa gedung sebagai tempat penampungan sementara para korban bencana, tempat pemberian konseling yang membantu para korban agar bisa mandiri dengan kehidupan yang lebih layak. Perkumpulan ini bekerja sama dengan UNESCO dan organisasi utusan presiden RI untuk penanggulangan kemiskinan.

"Sejak tahun 2011, MKBC ini telah memberi perhatian kepada 50 kepala keluarga yang ada di seluruh nusantara. Setiap minggunya, juga digelar pasar murah untuk masyarakat buddhis yang membutuhkan," ucapnya.

Acara Malam Kesenian Imlek di MKBC dimeriahkan oleh Tarian Tahun Baru Imlek Menyambut Musim Semi serta Tarian Bernuansa Nusantara dan Menyanyikan Lagu Indonesia Pusaka.

Kemudian dilanjutkan dengan Bhiksu Sangha memimpin doa untuk bangsa negara dan pemberian ucapan kata mudita Imlek dari tamu undangan organisasi masyarakat dan anggota DPRD untuk ribuan hadirin.

Malam kesenian juga turut dimeriahkan atraksi naga, penyanyi dari Jakarta dan Medan serta pemberian angpao oleh Dewa Rezeki. (jg)

Analisadaily.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More