Tuesday 14 February 2012

Setetes Darah Bisa Menyelamatkan Orang Lain


Medan, (Analisa). Setetes darah sangat berguna bisa menyelamatkan orang lain dari kematian. Apalagi saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) sangat kekurangan darah sehingga dibutuhkan kepedulian berbagai pihak untuk mendonorkan darahnya secara rutin.
Hal ini dikatakan Gunawan Harsojo di sela donor darah dalam rangka Capella Group Peduli yang digelar di Jalan Putri Hijau No. 5 Medan, Sabtu (11/2).

Di samping itu lanjut Gunawan Harsojo, donor darah apabila dilakukan secara teratur akan mengurangi resiko penyakit jantung dibanding yang tidak pernah mendonorkan darahnya.

"Ginjal juga terbantu karena sebagian dari sisa penghancuran darah akan dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal," ujarnya.

Menurut Gunawan, donor darah juga mengeluarkan zat-zat berlebih yang mungkin merusak tubuh berupa asam urat, kolesterol dan lainnya. "Memang ada kemungkinan zat-zat itu kembali meningkat, tetapi dengan mengeluarkannya secara teratur akan membuat tubuh anda mempunyai waktu untuk memperbaiki diri," ujarnya.

Kemudian lanjutnya, pen.donor darah akan mendapat pemeriksaan kesehatan gratis karena sebelum mendonorkan darah seseorang akan diperiksa fisiknya secara sederhana seperti tekanan darah dan sebagainya. "Yang menerima darah anda pasti akan mendoakan pendonornya," kata Gunawan.

Mengenai Capella Group Peduli sendiri menurut Gunawan merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) dari perusahaan. "Kepedulian kami dalam hal ini mendonorkan darah sehingga bisa membantu orang lain yang membutuhkannya melalui Palang Medan Indonesia (PMI).

Kegiatan seperti ini kata Gunawan sudah dilakukan yang kelima kalinya. "Tiap donor darah setidaknya diikuti 200 orang bahkan lebih," ujarnya. (rrs)|

Analisadaily.com

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More