Saturday 17 September 2011

ARTI VIPASSANA

ARTI VIPASSANA :

Kalimat Vipassana terdiri dari pada dua suku kata yaitu vi dan pasana. Vi berarti lebih dari satu/beraneka ragam sedangkan Passana berarti mengamati/ mengetahui/melihat/ memperhatikan/menyadari. Apa bila kedua suku kata ini digabungkan maka VIPASSANA berarti : dengan perhatian penuh, menerima, berminat, pasrah dan bersemangat mengamati setiap timbul dan lenyapnya fenomena-fenomena dari pada jasmani dan batin secara berkesinambungan adalah VIPASSANA.

Apakah fenomena-fenomena dari pada jasmani dan batin itu?

Fenomena-fenomena dari pada jasmani dan batin adalah :

1. Sensasi-sensasi jasmani seperti panas, dingin, sakit, kesemutan, ngilu, gatal, bergetar, bergerak dan lain-lain

2. Sensasi batin seperti sedih, bahagia, jenuh, bosan, tertekan, takut, cemas, khawatir, puas, bangga, terharu, kecewa, stres, depresi dan perasaan-perasaan lainnya.

3. Aktifitas batin seperti lamunan, khayalan, ingatan, rencana-rencana, cita-cita, angan-angan, renungan-renungan, analisa dan lain-lain.

Bila anda dengan perhatian penuh, menerima, berminat, pasrah dan bersemangat mengamati setiap timbul dan lenyapnya fenomena-fenomena dari pada jasmani dan batin secara berkesinambungan, maka sesungguhnya anda sedang berlatih mengembangkan diri hasilnya adalah perhatian anda akan menjadi lebih kuat, konsentrasi anda juga akan menjadi lebih kuat sehingga pemahaman anda menjadi lebih bijaksana lalu keyakinan anda akan menjadi lebih kuat sehingga anda akan lebih bersemangat melatih diri lalu latihan anda akan lebih maju sehingga anda akan memahami tingkat demi tingkat pengetahuan vipassana hingga anda merealisasi Nibbana kelak sadhu-sadhu-sadhu.

-----------------------------------------------------------------------------
Melalui kesempatan ini Yayasan Vipassana Indonesia akan menyediakan lahan subur tersebut dan memberi peluang kepada setiap orang agar memiliki kesempatan melakukan kebajikan menanam jasa ini.
Yayasan Vipassana Indonesia membutuhkan sebidang tanah seluas 1 hektar di pinggiran kota Medan.
Bila anda berminat melakukan kebajikan menanam jasa ini, silahkan hubungi kami atau mentransferkan dana anda ke rekening Yayasan Vipassana Indonesia.

BCA KCP Asia Mega Mas. Jl. Asia Raya. Kompleks Ruko Asia Mega Mas Blok BB No. 11 Medan - 20216, Indonesia. A/C : 830-518-6186 Swift Code : CENAIJA

Bank Artha Graha Jl. Dr. Sutomo No. 27 KLM Medan- 20232, Indonesia A/C: 070-123-3336 Swift Code: ARTGIDJA

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi :
Jacky Koeswandy
Hp. : 0811617618
Anna Torsina
Hp. 0811612402
PROFILE YAYASAN VIPASSANA INDONESIA

1 comments:

halo apa kabar semua..saya mau tanya viahara mana yang di usa ada bhante indonesia..trims.

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More